//
you're reading...
Edukasi, Umum

Organ-Organ Tanaman dan Sifatnya

Hingga saat ini tanaman yang dikerdilkan pada umumnya termasuk keluarga besar “Dicotyledon” atau tanaman yang bijinya berkeping dua, maka dari itu uraian tentang bagian-bagian tanaman di bawah ini khusus ditujukan terhadap tanaman yang berkeping dua. Bagian-bagian tanaman dapat dibagi dalam dua bagian ialah:

  1. Bagian vegetatif (organum nutritivum)
  2. Bagian generatif (organum reproductivum)

Untuk landasan membuat bonsai dibatasi pada penguraian bagian vegetatif saja, Karena bagian generatif kurang perannya dalam membentuk bonsai.

  1. Bagian Vegetatif

Bagian vegetatif dapat dibagi dalam 2 (dua) bagian:

  1. Yang berada di atas tanah (batang pokok, dahan, ranting, daun) berada di dalam lingkungan yang penuh dengan udara dan lembap, serta sinar matahari dan suhu udara yang tidak konstan
  2. Bagian yang berada di dalam tanah, perakaran yang tumbuhnya ke bawah atau ke dalam tanah dan menghindari matahari. Bagian ini terdiri dari:
  • Akar tunggang atau akar pokok yang tumbuhnya lurus ke bawah
  • Akar lateral, tumbuhnya mendatar, dan keluar dari dekat leher akar
  1. Sifat dan fungsi bagian vegetative
  1. Batang pokok

Dapat meningkat tingginya, Karena diperlengkapi dengan titik tumbuh pucuknya. Dan dapat memperbesar lingkaran batangnya Karena diperlengkapi dengan jaringan khusus yang disebut kambium. Letak kambium di atas kayu, dan di bawah kulit.

  1. Dahan
    Tumbuh dari kuntum yang berada di ketiak daun pada batang pokok yang masih muda. Tumbuhnya bisa mendatar atau membentuk sudut kurang dari 90°. Dengan adanya dahan-dahan tersebut dibentuklah mahkota pohon yang konis, pyramidal, bulat telur, lonjong dan sebagainya.
  2. Ranting
    Tumbuh dari kuntum yang berada di ketiak daun dahan, dapat tumbuh ke arah yang beraneka ragam, namun rata-rata tumbuh ke luar arah dahan. Pertumbuhan ranting dapat dihentikan dengan reaksi membentuk ranting-ranting baru.
  3. Kuntum
    Kuntum dapat berada di titik tumbuh, ketiak daun dan ada pula yang terpendam (tidak nampak) yang setiap waktu dapat tumbuh sebagai ranting atau dahan baru.
  4. Akar
    Akar sifatnya menghindari sinar matahari, sifat ini disebut “negatif phototropis”. Pertumbuhan akar tidak kaku, yang berarti dapat menyesuaikan diri dengan ruang lingkup di mana mereka berada, misalnya akar tunggang menjadi lateral bila tumbuhnya terhalang oleh suatu benda yang tidak bisa ditembus, akan berubah arahnya. Sebagai contoh akar tanaman di dalam pot atau keranjang akan melingkar-lingkar bilamana sudah tua umurnya.

About Edi Rahman

I have simple life.

Discussion

3 thoughts on “Organ-Organ Tanaman dan Sifatnya

  1. mantep gan..
    jangan lupa mampir🙂

    Posted by azuiway | 3 October 2013, 17:18
  2. Salam kenal gan. web blog nya bagus. artikelnya manfaat sekali.

    Posted by perkofashion | 4 December 2013, 17:47

Tinggalkan Komentarmu...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Followers

    Free PageRank Checker Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net  
%d bloggers like this: